Pengertian Decentralized Finance

Pengertian Decentralized Finance

Ada yang tau apa pengertian DeFi? Teknologi ini punya peran besar dalam dunia cryptocurrency, lho! DeFi adalah singkatan dari Decentralized Finance dan merupakan trend baru dalam blockchain.

Beberapa waktu terakhir, DeFi sempat menjadi trending topik dan menyita perhatian publik. Banyak pihak yang membicarakan tentang DeFi, tak terkecuali dengan DeFi koin di Indonesia. DeFi adalah sistem atau teknologi yang berupaya menciptakan sistem keuangan serba terbuka dan juga transparan.

DeFi adalah teknologi yang mampu memberikan dan menciptakan lingkungan transaksi yang mana individu tidak membutuhkan pihak ketiga dalam hal bertransaksi. Berdasarkan pengertian ini, ada banyak pihak yang menganggap DeFi sebagai ancaman, dan ada pula yang sebaliknya.

Tantangan dan Manfaat DeFi bagi Trader Cryptocurrency

Secara umum, pengertian DeFi adalah suatu upaya yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk menciptakan suatu lingkungan transaksi yang bebas dari pihak ketiga seperti broker. DeFi mendesentralisasikan transaksi-transaksi keuangan, seperti perdagangan, pinjaman, investasi dan juga asuransi pada blockchain.

DeFi punya manfaat yang baik untuk masa depan trading mata uang kripto. Namun sayangnya, teknologi ini juga punya tantangan yang besar. Tantangan terbesar bagi DeFi adalah usia yang masih sangat muda sehingga masih banyak investor yang tak paham bagaimana cara kerjanya.

Berdasarkan pengertian tadi, DeFi akan menggantikan peran broker yang selama ini kita kenal menaungi investor dalam banyak hal. Jika benar demikian, kehadiran DeFi akan menghilangkan peran broker, dan hal ini bisa saja menjadi masalah baru.

Disamping tantangan yang berat, DeFi punya manfaat yang tak kalah keren untuk investor. DeFi rencananya dapat menggantikan bahkan menghilangkan peran broker dan menciptakan lingkungan transaksi yang transparan.

Hal ini menguntungkan investor karena terbebas dari biaya-biaya administrasi. Mulai dari biaya transaksi dan juga biaya broker. Meminimalisir biaya akan sangat menguntungkan dalam hal keuangan.

Itulah tadi pengertian apa itu DeFi. Dapat kita simpulkan bahwa DeFi adalah sistem baru yang bertujuan membebaskan investor dari pihak ketiga. Sistem ini punya masa depan yang baik dan juga memiliki tantangan yang besar untuk sekarang.

Tinggalkan komentar