Niat Puasa Qadha Ramadhan

Apa itu puasa qadha? Bagaimana ketentuan dan bacaan niat puasa qadha Ramadhan? Sederhananya, puasa qadha adalah puasa ganti yang hukumnya wajib kepada orang-orang yang meninggalkan puasa Ramadhan dengan alasan, misalkan wanita yang sedang haid atau nifas, karena alasan sakit, bepergian atau alasan lainnya.

Bagaimana ketentuan pelaksanaan puasa qadha Ramadhan? Apakah wajib mengerjakan secara berurutan? Ada keraguan terkait hal ini, bahkan kalangan ahli fiqih juga berbeda pendapat. Secara garis besar, ada dua pendapat tentang wajib atau tidaknya mengganti puasa secara berurutan harinya.

Pendapat pertama mengatakan wajib berurutan. Karena puasa qadha adalah mengganti jumlah puasa yang tertinggal, maka wajib untuk mengganti dengan sepadan. Sedangkan pendapat kedua mengatakan tidak wajib berurutan, boleh mengerjakan kapan saja. Pendapat kedua ini didukung dengan hadits Rasulullah SAW yang shahih sehingga dapat menjadi pendapat yang paling kuat.

Selesai dengan ketentuan wajib berurutan atau tidak, sekarang bagaimana bacaan niat puasanya? Mari kita simak!

Lafadz Niat Puasa Qadha Ramadhan
Bacaan niat puasa qadha Ramadhan :

Pertanyaannya, kapan harus membaca niat puasa qadha Ramadhan ini? Puasa qadha Ramadhan tidak jauh berbeda dengan puasa yang lain. Wajib membaca niat pada malam hari, apabila membaca niat pada siang hari, maka puasanya tidaklah bernilai. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’-nya yang artinya;

Dengan demikian, maka jelaslah sudah perkaranya. Hukum mengganti puasa atau mengerjakan puasa qadha Ramadhan adalah wajib bagi mereka yang meninggalkan puasa sebab alasan ataupun tidak. Boleh mengerjakan puasa qadha tidak berurutan, asalkan membaca niat pada malam hari seperti puasa yang lain.

Karena hukum membayar hutang adalah wajib, maka bergegaslah menuntaskan apa yang sudah menjadi kewajiban. Demikianlah ulasan terkait pengertian, ketentuan serta bacaan niat puasa qadha Ramadhan. Semoga Allah menerima amalan puasa kita, dan semoga kita kembali bertemu dengan bulan Ramadhan.

About Dunia Islam

Check Also

Khutbah Jumat Ramadhan

Salah satu ibadah yang hukumnya wajib bagi laki-laki muslim adalah sholat Jumat. Berbicara tentang sholat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *