Motif Batik Sekar Jagad Jogja

Motif Batik Sekar Jagad Jogja

Yogyakarta memang telah menjadi salah satu kota di Indonesia yang paling unik. pasalnya, selain memiliki makanan tradisional yang sangat lezat. Ada ciri khas lain yang jauh lebih menarik, seperti motif batik sekar jagad jogja ini. Bahkan termasuk ciri khas yang menggambarkan Indonesia indah.

Apa Itu Batik Motif Sekar Jagad?

Pada umumnya, batik dengan motif sekar jagad ini adalah salah satu motif batik yang paling unik. termasuk ciri khas dari negeri Indonesia, bahkan batik ini merupakan batik pedalaman yang asalnya dari Yogya adn juga kota Solo. Latar belakangnya berwarna putih bersih, artinya adalah peta dunia.

Makna motif batik ini diambil dari tiap katanya, seperti “Kar” merupakan bahasa Belanda yang artinya peta. Sedangkan “Jagad” adalah bahasa asli Jawa yang memiliki arti dunia. dengan begitu, makna secara keseluruhannya melambangkan keaneka ragaman. Baik itu Indonesia atau pun seluruh dunia.

Intinya, motif batik Sekar Jagad ini menggambarkan bentuk dari kebaikan dan juga seringkali banyak dikenakan oleh orang yang ahli, dukun istana, orang pintar dan juga keraton. Makna lain dari motif ini adalah melambangkan tentang kecantikan serta keindahan, menjadikan orang lain akan terpesona.

Informasi Motif Batik Sekar Jagad di Dalam Perjalanan Bangsa

Mengingat motif dari batik Sekar Jagad ini memiliki makna yang sangat apik dan mengesankan. Kini saatnya Anda harus tahu, bagaimana kisah sebenarnya dari motif batik ini di dalam perjalanan bangsa Indonesia. Itu karena batiknya sendiri sudah banyak dikenal sebagai batik paling bersejarah.

Asal Mula Motif Batik Sekar Jagad

Perlu Anda ketahui, bahwa motif batik dari Sekar Jagad ini sudah lama orang kenal sebagai batik yang berasal dari kota Jogja dan juga Solo. Ciri khasnya adalah warna coklat sogan yang semakin ke sini banyak berkembang ke kota luar. Seperti daerah Tulungagung, Kebumen, Pamekasan Madura.

Masing – masing dari daerah tersebut membubuhkan ciri khas dengan menggunakan motif dan juga penggunaan warna lain yang pastinya jauh lebih menarik. Seperti warna merah serta biru yang mendapatkan pengaruh langsung dari Cina yang kabarnya selalu memakai warna atraktif nan cerah.

Awal Mula Sekar Jagad Dikenal

Pada umumnya, motif batik Sekar Jagad ini sudah banyak orang kenal sejak abad je 18. Itu berarti tepat di awal tahun 1700 silam sampai dengan menjelang awal 1800-an batik ini telah menjadi salah satu motif yang tercipta oleh seorang leluhur dari bangsa Indonesia. Sangat menarik jika Anda kaji.

Mengingat kisah motif batik Sekar Jagad ini memiliki perjalanan sejarah yang sangat luar biasa menarik. menilik dari namanya yang asalnya sendiri dari Belanda “kaart” artinya adalah peta. Pencetus dari motif ini mempunyai wawasan yang begitu luas. Bahkan mencakup seluruh dunia / global.

Kisah Motif Batik Sekar Jagad Saat Kerajaan Majapahit

Tepat di saat kejayaan dari kerajaan Majapahit masih berkibar di area tanah Jawa. Motif batik Sekar Jagad ini termasuk karya adiluhur dari para pribumi, kabarnya telah membuka diri kepada akulturasi bersamaan dengan bangsa asing lainnya. Di dalam perkembangannya, ada kaitan dengan Belanda.

Bahkan juga memiliki kaitan erat dengan etnis Cina, sehingga menjadikan batik Sekar Jagad ini penuh akan rasa dari budaya lain juga. Sejarah telah mencatat, bahwa di kurun waktu selama 2 abad tepat sebelum Indonesia merdeka. Telah terjadi pergolakan politik yang berlangsung di Nusantara.

Sejarah Motif Batik Sekar Jagad

Berkaitan dengan terjadinya pergolakan politik, motif batik Sekar Jagad di masa sekarang ini sangat relevan dan juga perlu untuk selalu masyarakat ingat. Mengingat terjadi issue SARA yang telah merebak kembali. Indonesia sendiri sudah tercatat memiliki 106 suku, yaitu dari Sabang sampai ke Merauke.

Selain itu, ada pula agama yang berjumlah 6 yang tercatat oleh negara ini. Masih belum terhitung adanya kepercayaan Tuhan maupun agama bumi yang telah masyarakat ikuti. Oleh karena itu, sangat membutuhkan yang namanya ruang dialog yang bertujuan untuk berpegang teguh akan suatu komitmen.

Filosofi Motif Batik Sekar Jagad

Dengan memahami dan juga mengerti akan makna serta filosofi dari motif batik Sekar Jagad ini. Anda bisa mengambil suatu pelajaran berharga, bahwa negara ini termasuk ke dalam ketagori bangsa yang terbuka lebar. Bahkan akulturasi juga seringkali terjadi, entah suku / agama di bumi.

Walaupun demikian, pengaruh budaya dari luar seperti Cina seharusnya menjadi penguat identitas Indonesia yang tergolong ramah, sopan santun dan lebih suka bergotong royong. Kini Anda telah tahu, mengapa motif batik Sekar Jagad ini banyak orang kenal. Itu karena sejarahnya yang menarik.

Arti Unik dan Ciri Khas Nama Motif Batik Sekar Jagad

Batik telah banyak orang kenal secara luas, karena pada umumnya memiliki filosofi dan juga makna yang sangat mendalam. Sama seperti pada motif batik Sekar Jagad yang berasal dari Jogja dan juga Solo ini. Selain mempunyai makna keindahan dan keaneka ragaman dunia, ada makna lainnya lagi.

Motif batik Sekar Jagad ini memiliki makna lain yang asalnya dari kata Sekar, artinya adalah bunga. Sedangkan jagad mempunyai arti yang tetap sama, yaitu dunia. Motif dari batik ini memiliki ciri khas serta keindahan yang terlihat dari keaneka ragaman bunga yang tersebar di atas kain batik (bumi).

Bunga tersebut juga masih memiliki makna lain, yaitu kembang atau pun bunga kehidupan. Ciri khas dari motif batik Sekar Jagad ini, biasanya kebanyakan mempunyai garis melengkung yang seakan membentuk menyerupai pulau yang saling berdampingan.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai berbagai macam informasi menarik terkait motif batik sekar jagad jogja. Seperti yang Anda ketahui, bahwa motif batik tersebut memiliki sejarah yang sangat patut untuk selalu diingat oleh anak cucu nantinya.

Tinggalkan komentar