Mengenal Keindahan Masjid Agung Gresik dan Letak Geografisnya

Masjid Agung Gresik

Jika berbicara mengenai salah satu tempat ibadah yang bersejarah di Jawa Timur, maka salah satunya adalah Masjid Agung Gresik. Hanya saja, tidak banyak orang yang mengetahui mengenai lokasi tersebut. Termasuk keindahan dan apa saja daya tariknya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Letak Geografis dan Keindahan Masjid Agung Gresik

Saat berada di Kota Gresik, maka salah satu lokasi wisata religi yang wajib Anda kunjungi adalah masjid agung yang satu ini. Masjid tersebut tentu akan memberikan pengalaman terbaiknya ketika bersama keluarga singgah dan mengunjungi lokasi tersebut. Berikut beberapa informasi mengenai masjid tersebut:

Letak Geografis

Perlu Anda ketahui, bahwa letak geografis masjid yang satu ini berada tepat di pesisir pantai. Udara yang ada di daerah tersebut sendiri terbilang cukup menyengat dan panas. Akan tetapi, tidak khawatir karena jika sudah memasuki bangunan tersebut tentu akan lebih terasa nyaman dan aman.

Selain itu, apabila Anda ingin mengunjungi tempat ibadah ini, maka masuk saja ke kawasan Kabupaten Gresik. Tepatnya sekitar Jl. Wahidin Sudirohusodo. Jangan lupa untuk sedikit singgah ke tempat tersebut untuk menunaikan sholat berjamaah ataupun sekedar beristirahat.

Lokasi Strategis

Setelah mengetahui letak geografisnya, maka Anda juga perlu memahami bahwa masjid tersebut berada di lokasi yang cukup strategis. Tidak lain yakni berada di lingkungan perkantoran pemerintah daerah. Tepatnya di Kabupaten Gresik sehingga sangat mudah untuk masyarakat jangkau.

Masjid ini sendiri sudah resmi beroperasi sejak tanggal 27 Februari 2004 setelah pembangunannya selesai dalam beberapa tahun. Tidak heran jika sampai saat ini ada banyak orang yang mulai menggunakan masjid tersebut sebagai tempat beribadah bersama.

Eksterior yang Menawan

Masjid yang satu ini dapat Anda kunjungi di antara Jalan Wahidin Sudirohusodo dan Jalan Mayjend Sungkono. Saat melihat bagian eksteriornya, maka tentu akan sangat megah. Terutama bila melihat jam digital masjid yang terpampang di paling depan shaf. Tidak heran jika bangunan tersebut seolah menyambut masyarakat yang sedang berlalu-lalang.

Ketika melihat lebih jauh mengenai keindahannya, maka Anda akan terpesona dengan berbagai arsitekturnya yang menarik. Tidak lain berkat adanya bentuk limas pada bagian kubahnya. Serta bentuk bangunannya yang menyerupai kotak. Tentu perpaduan tersebut membuatnya terlihat jauh lebih megah.

Itulah beberapa penjelasan tentang Masjid Agung Gresik. Apabila Anda ingin berkunjung ke Jawa Timur, maka tidak ada salahnya untuk mampir dan singgah sebentar ke lokasi masjid ini. Lakukan juga ibadah di masjid tersebut agar mendapat pengalaman yang tidak terlupakan.

 

Tinggalkan komentar