Manfaat Puasa Ramadhan yang Jarang Diungkap Publik

Berpuasa tentu bukanlah kegiatan untuk menahan lapar dan haus semata. Lebih dari itu, sesungguhnya ada banyak manfaat puasa Ramadhan yang bisa membuat kita menjadi lebih bersemangat menjalani ibadah tersebut. Manfaat ini tidak hanya berkaitan dengan jasmani saja, melainkan juga rohani.

3 Manfaat Puasa Ramadhan

Hikmah dan manfaat puasa Ramadhan sangat banyak, bahkan mungkin tak terhitung. Dalam bulan Ramadhan, amalan dan pahala kita dilipatgandakan oleh Allah, membuat setiap orang muslim seharusnya terpacu untuk meningkatkan kedekatan kepada Sang Pencipta. Berikut 4 poin manfaat puasa Ramadhan:

1. Membuang Zat-Zat Racun

Salah satu manfaat utama berpuasa adalah kesempatan untuk membuang zat-zat racun yang terdapat dalam tubuh. Racun ini bisa berasal dari makanan, udara, camilan, atau apapun itu yang masuk ke dalam tubuh kita. Dengan mengistirahatkan proses pencernaan, tubuh memiliki kesempatan untuk mendetoksi dirinya.

Contohnya saja, sebelum seseorang melakukan operasi, mereka terlebih dahulu harus melakukan puasa selama sehari atau dua hari sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mendetoksi tubuh serta memastikan tubuh dalam keadaan bersih dan siap menerima proses operasi. Jadi, puasa memang kondisi yang perlu bagi tubuh.

2. Meningkatkan Ketaqwaan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa atmosfer bulan Ramadhan kental dengan nuansa Islami. Baik di televisi, media sosial, hingga masjid-masjid di sekitar rumah beramai-ramai menyiarkan dakwah Islam.
Kondisi ini menjadi momen yang sangat tepat bagi kita untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mematuhi larangan serta perintahnya.

3. Menjaga Kesehatan

Ketika seseorang berpuasa, sistem pencernaan dalam tubuh akan berhenti dahulu untuk sementara. Dengan begitu, seluruh kotoran yang sebelumnya banyak menempel dalam usus dan sistem pencernaan keseluruhan akan luruh sehingga menjadi bersih kembali.

Fakta Kesehatan juga menunjukkan bahwa puasa membantu pencernaan makanan dan peredaran darah menjadi lebih stabil. Mengurangi peradangan, mengontrol gula darah, meningkatkan kesehatan otak, meningkatkan kesehatan jantung, hingga meningkatkan proses pertumbuhan.

Demikian penjelasan mengenai manfaat puasa Ramadhan. Semoga di tahun ini, kita berhasil menjalankan puasa dengan baik sampai akhir.

Tinggalkan komentar