Manfaat Jam Digital Masjid di Luar Ekspektasi

Manfaat Jam Digital Masjid

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern. Penggunaan jam matahari semakin ditinggalkan. Itu karena manfaat jam digital masjid sekarang ini jauh lebih canggih. Apalagi ada fitur tambahan yang bisa penggunanya setting sendiri. Terlebih lagi jamnya sesuai dengan wilayah.

Penggunaan Jam Digital Masjid

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa penggunaan dan produksi yang jual jam digital masjid saat ini semakin marak. Itu karena manfaat dari penggunaannya cukup banyak. Selain dapat menampilkan jadwal shalat yang ada di wilayah masing – masing. Jam canggih ini juga memiliki fitur yang namanya running text.

Fitur running text ini biasanya berisikan tentang surah Al Qur’an. Tujuannya, tidak lain adalah untuk dapat memberitahukan kepada siapa saja yang membacanya. Supaya mereka tahu isi dari surah beserta dengan artinya. Itulah mengapa penggunaan jam digital ini memiliki banyak manfaat baik.

Selain menyertakan jadwal shalat lima waktu secara lengkap. Penggunaan fitur running text nya pun juga bermanfaat sebagai pemberitahuan terkait hal lainnya, seperti pembacaan arti dalam surah Al Qur’an. Siapa pun yang sebelum belum mengenal banyak surah, menjadi sedikit demi sedikit tahu.

Manfaat Jam Digital Masjid

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahwa penggunaan jam digital masjid ini sangatlah memberi banyak manfaat. Sejak kehadiran jam canggih satu ini, petugas masjid yang mengandalkan matahari kini menjadi berubah menggunakan jam berbentuk angka. Apalagi fiturnya juga membantu.

  1. Dapat Menunjukkan Waktu Shalat

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa jam digital masjid ini memiliki manfaat yang cukup banyak. Salah satunya dapat menunjukkan jadwal waktu shalat 5 waktu. Sesuai dengan namanya, tentu saja fungsi dari jam berbentuk angka tersebut memiliki fungsi yang dapat dijadikan sebagai patokan.

Patokan dalam artian, muadzin yang hendak mengumandangkan adzan. Mereka tidak perlu khawatir akan terlambat melakukan adzan atau bahkan iqomah. Itu karena hanya dengan mengandalkan jam digital ini. Maka semuanya akan berjalan lancar, apalagi akan berbunyi beep ketika sudah waktunya.

  1. Mempunyai Kalender Dalam Bentuk Digital

Selain itu, jam digital masjid ini tidak hanya menampilkan waktu shalat saja. Akan tetapi, kalender dalam bentuk digital pun juga tertera di alat elektronik canggih satu ini. Artinya jam berbentuk angka ini mempunyai tampilan seperti layaknya tanggal, bulan dan juga tahun sebagaimana mestinya.

Apalagi kalender tersebut juga sudah menyala secara otomatis sesuai dengan wilayah masing – masing. Dengan begitu, ketika pihak masjid sudah memasang jam berbentuk angka ini. Maka pengurus masjid tidak perlu membeli kalender lagi. Itu karena keberadaannya sudah diganti jam.

  1. Dapat Mengetahui Kapan Waktu Adzan dan Iqomah

Manfaat penggunaan jam digital masjid juga dapat memberitahukan kapan waktu adzan dan iqomah. Tentu saja hal ini sangatlah penting, mengingat masih ada beberapa masjid yang mengumandangkan adzan tidak tepat dengan waktu sebenarnya. baik memang karena jamnya atau keterlembatan muadzin.

Oleh karena itu, jika beralih ke jam digital masjid ini. Maka muadzin dan para petugas masjid lainnya bisa mengetahui kapan waktu adzan dan juga iqomahnya. Apalagi dengan adanya fitur ini, para jamaah bisa melaksanakan shalat sunnah dengan tenang atau bahkan memperkirakan waktunya.

  1. Jam Digital Mudah untuk Diatur

Penggunaan jam digital masjid juga cukup mudah, apalagi proses setting – nya tidak begitu sulit. Terlebih lagi selalu ada yang namanya modul atau buku panduan untuk dapat menyalakan jam berbentuk angka tersebut. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika hendak memasangnya di masjid.

Tidak hanya dalam rangka menyalakannya saja, jam digital ini juga mudah untuk Anda setting jadwal shalat dan kalendernya. Bahkan running text nya pun juga ada, cara mengatur semuanya cukup mudah. Perlu diingat, bahwa jikalau jamnya mati. Maka pukul berapa akan terpasang secara otomatis.

  1. Adanya Teks Pesan yang Tertera

Terdapat teks pesan yang tertera ini merupakan fitur running teks yang ada pada jam digital masjid. Fungsinya adalah untuk dapat memberitahukan kepada siapa pun yang membacanya, terkait hal – hal yang menyangkut agama Islam. Misalnya saja arti dari sebuah surah yang ada di Al – Qur’an.

Selain itu, running teks ini biasanya juga berisikan tentang pesan untuk para jamaah agar mereka meluruskan shaf. Ada juga yang berisi tentang peringatan untuk tidak berbicara selama khutbah Jumat. Tujuannya, supaya para jamaah yang lain merasa nyaman mendengarkan dan tidak terganggu.

  1. Saat Waktu Shalat Tiba, Jam Berbunyi Otomatis

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, bahwa jam digital masjid ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Salah satunya seperti pemberitahuan jadwal waktu shalat, adzan, iqomah dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan jam ini juga bisa berbunyi tepat ketika masuk waktunya shalat wajib.

Hal tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat, apalagi bagi masjid yang selalu terlambat dalam mengumandangkan adzannya. Entah karena sebab apa pun itu. Muadzin sebagai pengumandangnya akan selalu siap. Itu karena sudah diberi peringatan secara langsung dari jam.

  1. Mampu Meningkatkan Kegiatan Penting Islam

Tidak hanya berperan penting untuk kegiatan ibadah sehari – hari (wajib). Penggunaan jam digital masjid ini juga dapat membantu untuk meningkatkan kegiatan penting dalam agama Islam. Misalnya saja saat ramadhan, pengajian atau bahkan maulid nabi.

Dari kegiatan penting agama Islam tersebut, peran dari jam digital ini cukup bervariasi. Mengingat proses menyalakannya serta setting – nya sangat mudah. Anda bisa memberikan running text yang berisikan terkait kegiatan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan secara detail mengenai informasi manfaat jam digital masjid. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda sudah mengetahui bahwa jam berbentuk angka tersebut memiliki variasi manfaat yang cukup penting dalam kegiatan Islam.

 

Tinggalkan komentar