Khutbah Jumat Ramadhan

Salah satu ibadah yang hukumnya wajib bagi laki-laki muslim adalah sholat Jumat. Berbicara tentang sholat Jumat, tidak ada terlepas dari perkara khutbah yang menjadi salah satu penentu sah tidaknya sholat Jumat tersebut. Apa saja syarat dan ketentuan khutbah Jumat Ramadhan? Apakah sama dengan khutbah di Jumat biasanya? Mari kita simak penjelasan berikut!

Khutbah Jumat Ramadhan dan Ketentuannya

Salah satu dalam rangakaian ibadah shalat Jumat adalah khutbah yang dilakukan sebanyak dua kali, dipimpin oleh seorang imam yang disebut dengan khatib. Ada sejumlah syarat yang menjadi penentu sah atau tidaknya khutbah Jumat Ramadhan, antara lain :

 Khatib Adalah Seorang Laki-Laki

Tidak ada kewajiban sholat Jumat bagi perempuan. Yang menjadi syarat pertama adalah seorang khatib yang laki-laki. Tidak sah hukumnya apabila perempuan memimpin khutbah, baik itu khutbah Jumat, hari raya, maupun shalat gerhana. Sebagaimana Syaikh al-Qalyubi berkata :

 Khutbah harus diperdengarkan dan Terdengar Oleh Jamaah

Syarat kedua, khutbah harus terdengar oleh jamaah. Suara khatib haruslah keras. Syarat ini kembali menegaskan bahwa khatib haruslah seorang laki-laki, sebagaimana yang terdapat dalam buku Syekh al-Qalyubi tadi.

 Melakukan Khutbah di Lingkungan Rumah Penduduk

Syarat khutbah Jumat Ramadhan yang ketiga adalah melaksanakan khutbah pada lingkungan rumah penduduk. Maksudnya disini, posisi khatib saat memberikan khutbah haruslah masih dalam satu ruangan atau satu lingkungan dengan jamaah sholat Jumat.

 Khatib Suci dari Hadats

Keemat, khatib harus suci dari hadats besar atau hadats kecil.

 Khatib Suci dari Najis

Bukan hanya suci dari hadas, khatib juga wajib suci daripada segala najis.

 Menutup Aurat

Terakhir, seorang khatib wajib menutup aurat ketika ia memberikan khutbah kepada jamaah.
Itulah tadi enam syarat khutbah Jumat Ramadhan yang harus terpenuhi agar khutbah bernilai sah. Secara teknis tidak ada perbedaan spesifik antara pelaksanaan khutbah Jumat biasa dengan khutbah Jumat Ramadhan. Jikalau berbeda, hanya pada tema khutbah saja.

About Dunia Islam

Check Also

Lagu Ramadhan Terbaru

Berbicara mengenai bulan Ramadhan, tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi bulan penuh keberkahan tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *