3 Keutamaan Puasa Ramadhan

Sebagai ibadah yang menjadi pilar berdirinya agama Islam, ada sejumlah keutamaan puasa Ramadhan. Salah satunya adalah melatih diri untuk bersabar, karena hakikatnya puasa adalah menahan diri dari hawa nafsu dan segala hal yang menyebabkan puasa menjadi batal.

Selain daripada melatih diri untuk bersabar, ada sejumlah keutamaan lain dari puasa Ramadhan. Bersama ulasan ini, mari kita menelusuri keutamaan berpuasa untuk meningkatkan semangat dalam diri, menyambut Ramadhan sebentar lagi.
Keutamaan Puasa Ramadhan dan Pahala bagi yang Mengerjakan

Ramadhan merupakan satu-satunya bulan dengan keutamaan sama seperti seribu bulan. Pada bulan yang istimewa ini, Allah menurunkan wahyu terbesar bagi umat Islam melalui nabi Muhammad SAW, yakni Al-Quran yang menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia.

Pada bulan yang istimewa ini, Allah memerintahkan umat Islam untuk berpuasa, menahan lapar dan haus selama satu bulan penuh. Dan dibalik itu, Allah menjanjikan sejumlah keutamaan bagi umat muslim yang mengerjakannya. Adapun keutamaan puasa Ramadhan yang tersebut dalam Al-Quran adalah :

1. Bulan dengan Kemuliaan Lebih dari 1000 Bulan

Pada Ramadhan juga terdapat satu malam dengan kemuliaan lebih baik daripada seribu bulan. Malam ini terkenal juga dengan nama malam Lailatul Qadar. Kapan tepatnya malam lailatul qadar ini? Wallahualam, malam lailatul qadar ada pada 10 hari terakhir Ramadhan, tidak ada tahu kapan tepatnya.

Maka dari itu, marilah kita berlomba-lomba menggiatkan ibadah pada 10 hari terakhir Ramadhan, dengan harap kita terpilih untuk mendapatkan satu malam dengan kemuliaan seribu bulan ini.

2. Bau Mulut Mereka yang Berpuasa Lebih Mulia dari Harum Kasturi

Selain daripada malam lailatul qadar, salah satu kemuliaan yang Allah berikan kepada orang-orang yang berpuasa adalah bau mulut mereka lebih mulia dari harumnya minyak misk atau kasturi.

3. Ada Syafaat Untuk Orang yang Mengerjakan Puasa

Keutamaan berpuasa Ramadhan lainnya adalah syafaat bagi yang mengerjakan. Maksud syafaat disini adalah pertolongan dari Rasulullah SAW pada hari kiamat kelak. Selain itu, orang-orang yang berpuasa juga mendapatkan pengampunan dosa dari Allah SWT.

Dengan mengetahui sejumlah keutamaan puasa Ramadhan, semoga kita menjadi pribadi yang bersemangat dalam memetik pahala dari Allah pada bulan yang mulia ini.

About Dunia Islam

Check Also

Lagu Ramadhan Terbaru

Berbicara mengenai bulan Ramadhan, tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi bulan penuh keberkahan tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *