3 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan suci Ramadhan adalah salah satu bulan yang istimewa, karena banyak keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan dan tidak ada di bulan lainnya. Sebagai umat muslim, Anda wajib tahu mengenai keistimewaan-keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan. Lalu, apa sajakah keistimewaan bulan Ramadhan? Berikut ulasan lengkapnya.

3 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan istimewa. Mengapa demikian? Hal ini karena banyak sekali keutamaan atau keistimewaan bulan Ramadhan yang tidak ada di bulan-bulan lainnya. Nah, di bawah ini adalah 3 keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan.

1. Malam Lailatul Qadar

Keistimewaan yang pertama yaitu adanya malam lailatul Qadar atau ‘malam seribu bulan’. Malam ini memiliki nama lain ‘malam seribu bulan’ karena nilainya lebih baik daripada seribu bulan. Oleh karena itu, malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan hanya ada di bulan Ramadhan saja.

Umat muslim juga dianjurkan untuk melakukan ibadah dan amalan-amalan baik lainnya agar mendapatkan pahala yang berlipat di malam Lailatul Qadar ini. Sebaliknya, umat muslim dilarang untuk membuat maksiat atau dosa di malam ini, karena dosanya juga akan dilipatgandakan.

Al-Qur’an juga telah menjelaskan tentang adanya malam Lailatul Qadar di dalam QS. Al-Qadar ayat 1-5. Berikut adalah dalil tentang keistimewaan bulan Ramadhan, khususnya malam Lailatul Qadar.

2. Waktu Diturunkannya Al Qur’an

Keistimewaan bulan Ramadhan yang kedua yaitu merupakan bulan di mana Al-Qur’an pertama kali turun ke muka bumi. Hal ini tentu sangat istimewa dan mulia karena bulan Ramadhan adalah bulan di mana kitab suci umat islam turun ke muka bumi sebagai petunjuk manusia, penjelas dari petunjuk tersebut, dan sebagai pembeda antar yang haq dan yang batil.

3. Pintu Kebaikan Terbuka

Keutamaan bulan Ramdhan lainnya yaitu terbukanya pintu kebaikan. Sebagainya HR. Bukhari dan Muslim, beliau meriwayatkan bahwa di bulan Ramadhan pintu-pintu kebaikan terbuka lebar, sedangkan pintu-pintu neraka tertutup rapat.

Pada bulan Ramadhan, setan pun terbelenggu dan tidak dapat menggangu manusia. Lain halnya dengan bulan-bulan selain Ramadhan, setan dapat dengan leluasa menghasut dan menggoda manusia agar mengikuti jejaknya. Oleh sebab itu, sebagai muslim wajib memanfaatkan bulan Ramadhan untuk memperbanyak amal ibadah kebaikan dan mengurangi perbuatan dosa.

Baiklah, sekian dulu penjelasan tentang keistimewaan bulan Ramadhan yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Aamiin.

About Dunia Islam

Check Also

Lagu Ramadhan Terbaru

Berbicara mengenai bulan Ramadhan, tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi bulan penuh keberkahan tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *