Kumpulan Ayat Penyembuh (Syifa) dalam Al-Quran

Sungguh beruntung kita sebagai umat Islam karena memiliki kitab suci Al-Quran yang berisikan petunjuk nyata dan penuh keistimewaan bagi umat manusia. Salah satu bentuk daripada keistimewaan Al-Quran adalah sebagai penyembuh (syifa) atas segala rasa sakit yang kita rasakan. Sedikitnya, ada 3 ayat penyembuh yang terdapat dalam Al-Quran. Apa saja ayat tersebut dan bagaimana keutamaan bagi yang mengamalkannya?

Sebagai umat Nabi Muhammad SAW dan hamba Allah SWT, mustahil bagi kita terlepas dari cobaan dan ujian. Selama nafas masih berembus, Allah akan senantiasa memberikan cobaan sebagai bentuk lain daripada cinta kasihnya kepada hamba yang bertakwa.

Rasa sakit yang kita rasakan merupakan salah satu bentuk ujian yang Allah berikan. Ketika merasakan sakit, kita akan kehilangan nafsu makan dan tidak bersemangat melakukan berbagai aktivitas. Namun sungguh Allah maha pengasih maha penyayang kepada hamba-Nya.

Bersama rasa sakit, Allah angkat derajat kita dan Allah hapuskan dosa-dosa yang telah lalu. Dan bersama rasa sakit itu pula Allah hadirkan penawarnya, yakni Al-Quran. Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam, wahyu yang Allah turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Kitab ini memiliki begitu banyak keistimewaan dan berisikan bukti-bukti kebesaran Allah SWT, dan kenabian Muhammad SAW.

Salah satu bentuk keistimewaan kitab Al-Quran adalah kemampuannya memberikan ketenangan dan kedamaian jiwa kepada siapa saja yang membacanya. Tak hanya memberikan penawar atas jiwa, Al-Quran juga menjadi penyembuh atas rasa sakit yang kita rasakan secara fisik.

“Dan, Kami turunkan dari Al-Quran (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman. Sedangkan bagi orang-orang yang dzalim (Al-Quran itu) hanya akan menambah kerugian,”  (QS. Al-Isra’: 82).

Surat Istimewa dalam Al-Quran Sebagai Ayat Penyembuh Setiap Rasa Sakit

Siapapun dari kita pasti pernah merasakan sakit. Baik sakit secara fisik maupun sakit dalam jiwa. Perasaan tidak tenang yang mengusik juga merupakan bentuk dari rasa sakit yang Allah berikan. Ketika ini terjadi, janganlah kita serta merta menyalahkan keadaan dan mengeluh. Sungguh bersama rasa sakit itu Allah angkat seri wajah kita, dan Allah hapuskan dosa-dosa yang telah lalu.

Ketika kita merasakan sakit, atau kehilangan ketenangan dalam jiwa, obatnya mudah saja. Yakni dengan membaca Al-Quran, khususnya beberapa surat istimewa berikut ini. Pada dasarnya, semua surat yang terdapat dalam Al-Quran adalah istimewa. Hanya saja beberapa surat berikut dapat kita sebut sebagai ayat penyembuh yang mampu memberikan penawar atas segala rasa sakit yang kita rasakan.

Berikut beberapa ayat penyembuh dalam Al-Quran yang bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan jiwa yang aman dan tentram.

1.      Surat Al-Fatihah

Al-Fatihah merupakan surat pertama yang sekaligus menjadi surat pembuka dalam Al-Quran. Surat ini memiliki begitu banyak keistimewaan, salah satunya jadi surat yang selalu dibaca ketika shalat fardhu. Selain daripada itu, Al-Fatihah juga merupakan ayat penyembuh yang mampu memberikan ketenangan dan kedamaian dalam jiwa.

2.      Surat Al-Baqarah

Surat kedua yang tak kalah istimewa dari surat Al-Fatihah merupakan surat Al-Baqarah. Apa yang menjadikan surat ini teramat istimewa? Dalam surat Al-Baqarah, ada yang namanya ayat kursi atau disebut juga dengan ayat sapu jagat, ini adalah surat Al-Baqarah ayat 255.

Ayat kursi memiliki keistimewaan dan manfaat bagi mereka yang mengamalkannya. Ketika ayat ini kita baca pada waktu pagi dan petang, Allah akan memberikan kita perlindungan dari kejahatan, keburukan dan juga penyakit. Karena memang ayat kursi merupakan bagian daripada zikir pagi dan petang.

3.      Surat Al-Insyirah

Surat Al-Insyirah merupakan ayat penyembuh bagi jiwa-jiwa yang tengah berada dalam kesulitan. Ketika merasakan kesulitan dalam hidup, ada kalanya kita lupa bahwa masalah yang kita hadapi merupakan bentuk ujian dari Allah SWT. Terkadang kita juga lupa akan janji Allah bahwa Ia tidak akan memberikan cobaan melampaui kemampuan yang kita punya. Baca surahnya di Quranlite.id

Surat Al-Insyirah merupakan surat yang sengaja Allah turunkan sebagai pelipur lara bagi Nabi Muhammad SAW ketika beliau bertentangan dengan umatnya. Ini juga merupakan pelipur lara bagi kita yang sedang mengalami kesulitan. Karena dalam surat ini, Allah telah berjanji,

Karena sesungguhnya bersama dengan kesulitan itu ada kemudahan”.

Itulah tadi beberapa ayat penyembuh yang Allah hadirkan bersama Al-Quran. Dengan ini, marilah kita sama-sama mengingat Allah ketika sedang sakit atau sedang mengalami permasalahan yang berat. Sungguh Allah maha pengasih lagi maha penyayang.

Tinggalkan komentar