Asam Amino PDF

Asam amino mungkin salah satu senyawa yang sudah tidak asing terdengar. Pada pembahasan kali ini akan membahas secara singkat mengenai asam amino untuk info lebih lengkapnya. Anda bisa memperolehnya dengan mudah karena sudah banyak file asam amino pdf yang dibagikan secara gratis.

Asam amino pdf yang ada di internet membahas secara lengkap maka pada artikel ini akan membahas beberapa poin saja yang berkaitan dengan asam amino.

Mengenal Asam Amino

Asam amino atau amino acid merupakan protein yang sudah terpecah melalui proses metabolisme menjadi molekul yang berukuran kecil. Sehingga sel-sel tubuh akan lebih mudah menggunakan zat ini untuk berbagai kebutuhan seperti mendukung pemulihan luka hingga pembentukan sel baru.

Asam amino atau amino acid merupakan bentuk paling sederhana dari protein. Protein yang sangat penting perannya bagi tubuh. Untuk memperoleh asam amino bisa dari berbagai macam makanan seperti telur, daging, ayam ikan dan lainnya. Lalu dengan mengolah bahan makanan tersebut agar dapat melalui proses pencernaan dan metabolisme.

Proses pemecahan protein menjadi asam amino bisa terjadi dengan bantuan berbagai macam enzim dalam pencernaan. Seperti pada lambung dengan enzim pepsin serta enzim tripsin, karboksipeptidase, dan kimotripsin yang berasal dari organ pankreas.

Setelah protein dipecah maka akan menjadi asam amino yang kemudian zat ini akan diserap oleh jaringan usus dan akan dibawa ke organ hati serta disalurkan ke seluruh tubuh yang membutuhkan asam amino.

Jenis-jenis Asam Amino

Asam amino terdapat banyak jenisnya tepatnya ada 20 jenis asam amino yang berperan penting untuk kesehatan tubuh. Secara umum asam amino terbagi menjadi dua jenis yaitu

  1. Asam Amino Esensial

Asam amino esensial adalah asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Akan tetapi bisa didapatkan dari makanan atau minuman yang di konsumsi.

Ada 9 jenis asam amino esensial yang berperan penting bagi kesehatan tubuh yaitu Phenylalanine, Valine, Threonine, Tryptophan, Methionine, Leucine, Isoleucine, Lysine, dan Histidine.

Kesembilan jenis asam amino tersebut memiliki beberapa fungsi diantaranya adalah:

  • Memproduksi energi
  • Menghasilkan antibody
  • Memproduksi kolagen
  • Mempercepat penyembuhan luka
  1. Asam Amino Non Esensial

Asam amino non esensial merupakan asam amino yang dapat berasal dari dalam tubuh.  Ada 11 macam asam amino nonesensial yaitu Alanine. Arginine, Asparagine, Aspartic acid atau asam aspartate, Cysteine, Glutamic acid atau asam glutamat, Glutamine, Glycine, Proline, Serine, dan Tyrosine.

Kesebelas jenis asam amino tersebut memiliki peran masing masing seperti mempercepat penyembuhan luka, melancarkan peredaran darah, mencegah penuaan dini dan lain lain.

Demikian merupakan pembahasan singkat seputar asam amino apabila ingin mengetahui lebih dalam bisa dengan mudah dengan cara memperoleh file asam amino pdf secara gratis. Semoga dapat memberikan manfaat serta informasi bagi pada pembaca.

Tinggalkan komentar