Membongkar Rahasia 10 Hari Terakhir Ramadhan

10 hari terakhir ramadhan
Awas Jangan Sampai Lewat! Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan Lebih Baik dari 1000 Bulan
Pada akhir Ramadhan biasanya semangat kita sudah mulai kendur. Sahur juga tidak lagi antusias. Bahkan, ibadah tarawih pun rasanya sudah sangat berat. Padahal, justru di akhir bulan, banyak sekali keutamaan yang dapat kita raih khususnya pada 10 hari terakhir ramadhan.

Dalam hadits tersebut bisa kita lihat, bahwasannya Nabi tidak mengasih kendor untuk mengerjakan amalan sunnah pada hari hari terakhir puasa. Bahkan, sangat khusyu’ untuk melakukan seluruh rangakaian ibadahnya.
Alasan Rasulullah Lebih Giat Beribadah pada 10 hari terakhir Ramadhan
Ada beberapa hal yang mendorong Rasulullah untuk sangat giat dalam beribadah pada 10 hari terakhir ramadhan, di antaranya:

Turunnya Lailatul Qadar

Pertama, yakni jatuhnya malam lailatul qadar pada salah satu hari terakhir bulan Ramadhan. Lailattul qadar adalah malam yang mulia. Di mana, ketika kita beribadah pada malam itu maka seperti ibadah 1000 bulan lamanya.
Hal inilah, yang sangat dinantikan oleh Rasulullah. Maka dari itu, Rasulullah mengerjakan berbagai macam ibadah, seperti tadarus, I’tikaf, dan menjauhi jima’ demi mendapatkan keutamaan tersebut.

Penutup yang Sempurna

Seperti yang kita tahu, amalan setiap insan dinilai dari akhirnya. Maksudnya, dalam hal ini Rasulullah ingin sekali untuk menutup amal ibadah puasa beliau dengan sebaik baiknya.

Tauladan Bagi Umat Islam

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga bermaksud untuk memberikan tauladan yang baik bagi umatnya agar senantiasa antusias dalam beribadah pada hari hari terakhir bulan Ramadhan layaknya pada hari hari awal puasa.

Mengapa demikian? Karena pada beberapa hari terakhir di bulan Ramadhan banyak sekali orang yang mulai sibuk untuk mempersiapkan hari raya, seperti mudik, membuat kue lebaran, bahkan membeli baju baru.

Maka dari itu, memperbanyak amalan pada 10 hari terakhir bulan puasa sama saja dengan mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

Amalan pada 10 hari Terakhir Bulan Ramadhan

Lantas, amalan apa saja yang bisa kita lakukan untuk dalam 10 hari terakhir bulan Ramadhan?

1. I’tikaf
2. Memperbanyak sedekah
3. Tadarus
4. Memperpanjang Shalat Malam

Nah, itulah tadi alasan dan beberapa amalan sunnah Nabi pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Semoga, di bulan Ramadhan ini kita bisa lebih giat lagi dalam beribadah, ya!

About Dunia Islam

Check Also

Lagu Ramadhan Terbaru

Berbicara mengenai bulan Ramadhan, tidak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi bulan penuh keberkahan tersebut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *